Selenggarakan Indonesia Coffee Events (ICE) 2017, Barista Guild Indonesia Targetkan Wakil Indonesia Masuk 10 Besar di Ajang Kejuaraan Dunia

Jakarta, 8 Nopember 2016Barista Guild of Indonesia (BGI), organisasi profesi Barista se-Indonesia dipercaya oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) untuk mengorganisir Indonesia Coffee Events (ICE) 2017, rangkaian kompetisi kebaristaan dilaksanakan guna memberikan apresiasi tertinggi untuk profesi barista di Indonesia, salah satu ujung tombak industri kopi dunia. Terdapat 4 kompetisi yang akan dipertandingkan yaitu Indonesia Barista Championship (IBC), Indonesia Brewers Championship (IBrC), Indonesia Latte Art Championship (ILAC) dan Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC). Kompetisi ini akan diselenggarakan keenam kalinya di Indonesia. Adapaun sanctioned atau hak persetujuan dari kejuaraan ini, di Indonesia dipegang oleh SCAI, yang diberikan oleh World Coffee Events (WCE).

Ketua Pelaksana ICE 2017 sekaligus sekretaris dari BGI, Cindy Herlin Marta, menuturkan bahwa sebagai negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia, serta satu-satunya negara yang seluruh daerahnya dapat ditumbuhi kopi, rangkaian kompetisi ini dirasa sangat penting guna meningkatkan industri kopi tanah air. “Tahun ini untuk pertama kalinya Barista Guild Indonesia untuk mengorganisir Indonesia Coffee Events (ICE). Kami akan berusaha untuk menyelenggarakan kompetisi terbaik dengan juri dan berbagai fasilitas pendukung yang sesuai dengan standarisasi dari acara kompetisi internasional. Tahun ini kami menargetkan agar Barista dari Indonesia bisa menembus 10 besar pada berbagai kompetisi dunia. Beberapa tahun terakhir, Indonesia berada di peringkat yang belum lebih baik dari negara yang bukan produsen utama kopi. Hal ini kian memecut semangat kami agar barista Indonesia dapat memberikan hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya.”

Mengangkat tema “Best for The World”, BGI memiliki misi agar rangkaian kegiatan tahun ini dapat meningkatkan kualitas dan peringkat barista Indonesia di tingkat dunia. Seluruh pemenang ICE 2017 nantinya akan diberangkatkan untuk bertanding ke ajang kejuaraan barista sedunia, World Barista Championship (WBC) di Korea Selatan sementara World Brewers, Latte Art dan Cup Taster Championship akan diselenggarakan di di Budapest, Hungaria. Adapun prestasi wakil Indonesia di ajang internasional sepanjang tahun 2016 antara lain Yoshua Tanu, Peringkat 15 World Barista Championship(WBC), Ryan Wibawa Peringkat 23 World Brewers Championship (WBrC), Ovie Kurniawan Peringkat 35 World Latte Art Championship (WLAC) dan Hageng Pribadi Peringkat 23 World Cup Tasters Championship (WCTC).

Indonesia Coffee Events (ICE) 2017 akan dibagi dalam 2 regional yaitu Eastern Championship (Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Sulawesi dan Papua) kemudian Western Championship (Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera dan Kalimantan) dimana nantinya juga akan diambil juaranya dari masing-masing regional tersebut. Penyisihan pertama adalah regional Eastern yang akan dilaksanakan pada tanggal 2-4 Desember 2016 di hotel Sanur Paradise, Sanur, Bali. Sementara penyisihan regional Western akan dilaksanakan pada 10-12 Februari 2017 di Kuningan City Mall. Selanjutnya, para pemenang regional dapat langsung maju ke babak semifinal pada 5 – 8 April 2017 di Food and Hotel Indonesia (FHI), Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Jakarta. ICE 2017 juga membuka peluang bagi para coffee enthusiast untuk menjadi juri, seluruh calon juri yang mendaftar wajib mengikuti workshop dan ujian sertifikasi sebelum kompetisi dilaksanakan. Seluruh pendaftaran peserta, juri maupun relawan dapat diakses melalui laman ice2017.baristaguildofindonesia.com.

 

### Selesai ###

Sekilas Tentang Barista Guild of Indonesia

Barista Guild Indonesia adalah organisasi yang dikhususkan untuk profesi barista. Organisasi ini dibuat agar profesi barista di Indonesia lebih dihargai dan dikenal masyarakat luas. Barista Guild Indonesia juga menjadi wadah pembelajaran dan aktivitas untuk memajukan industri kopi di Indonesia. Saat ini anggota Barista Guild Indonesia berjumlah 460 orang dalam masa pendiriannya yang baru menginjak umur 3 bulan. Hal tersebut menandakan antusiasme profesi barista di Indonesia belakangan ini. Barista Guild Indonesia saat ini diketuai oleh Yoshua Tanu yang juga merupakan juara barista se-Indonesia pada dua tahun terakhir.

 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Cindy Herlin Marta
Ketua Pelaksana, Indonesia Coffee Events 2017
M : +62 877-7855-5618
E : cindyherlinmarta@gmail.com